Minggu, 19 Maret 2017

Bak Bik Buk Kenangan

 Bak Bik Buk Kenangan

Malam ini sepertinya bintang sedang malu menampakkan diri. Mereka bersembunyi dibalik awan hitam yang nampak seperti kapas-kapas yang terbakar dan berterbangan. Begitupula tiang lampu karatan seolah meratapi nasibnya sebagai jomblo yang hanya ditemani kabel-kabel tua dan buk di bawahnya. Di buk belakang asrama pesantren memang hanya ada satu lampu penerang jalan yang hanya mampu menerangi secuil jalan desa dan sungai di bawahnya.
Aku sering duduk di buk kusam itu, di atas sungai kecil yang saat kemarau tiba tidak menyisakan air sedikit pun. Sudah beberapa minggu ini aku lebih sering duduk sendiri. Teman yang biasa menemaniku baru saja menikah. Dia mulai jarang menemuiku, paling kalau sedang ada jam mengajar di pesantren dia menyempatkan untuk ngobrol disini beberapa menit. Membahas proyek kita yang mangkrak beberapa bulan sebelum dia menikah. Kami sempat punya rencana menerjemahkan cerita dari teks-teks arab klasik untuk dibukukan, biar pertemanan kita selama ini tidak mandul, katanya. Tapi akhir-akhir ini dia mulai tidak pernah datang lagi, mungkin karena sibuk dengan tesisnya yang harus kelar tahun ini, atau mungkin karena dia pengantin baru. Maklum lah pengantin baru, wajar kalau jarang keluar rumah. Mungkin suatu saat aku pun begitu. Sekedar jalan-jalan melihat gunung atau sawah pun ogah, wong dirumah sudah ada gunung yang merekah.
Kini buk kusam itu semakin sepi. Hanya ada aku dan malam-malamku yang menemaninya. Sebetulnya tidak benar-benar sendiri, karena aku selalu memunguti kenangan satu-persatu untuk kurangkai menjadi rindu. Dalam diam malam aku sering menulis puisi atau cerpen di atas buk ini, buk yang seolah menjadi prasasti hidupku di pesantren. banyak sekali kenangan yang menjadikanya sebagai saksi bisu. Dari mulai adu jotosku dengan teman satu kamar sampai tempat pertamakali aku menerima surat dari seorang perempuan.

Memang, waktu selalu menjauhkan kita dari kenangan, tapi kenangan punya cara yang tak bisa digapai oleh waktu, yaitu rindu. Aku selalu merindukan kenangan-kenangan yang ada di buk ini. Saat aku melihat sungai dibawahnya aku ingat temanku yang criwis yang mulutnya selalu nrocos seperti sungai yang mau jebol. Lalu saat aku mendengar bunyi burung gagak yang nangkring di atas tiang lampu aku ingat teman yang selalu menceramahiku kala aku mulai sinting gara-gara perempuan. 
Ahhh..memang asu, kenangan selalu punya cara sendiri untuk memenjarakan pemiliknya dalam masa lalu. Tidak terasa tiga bulan lagi aku juga akan meninggalkan buk ini. Aku akan lulus SMA, lalu melanjutkan ke perguruan tinggi diluar kota dan meninggalkan buk yang aku duduki saat ini beserta segala kenanganya.                                                                                                                                                                                                                                                                                       @buk pak kaji (z-a) 

0 komentar:

Posting Komentar